Popular Post

Posted by : Unknown Minggu, 31 Mei 2015

PEMASARAN SOSIAL MENURUT TRIOSO PUNAWARMAN (2001)




DEFINISI secara umum
Menurut Trioso Punawarman (2001)
Pemasaran adalah suatu proses sosial & manajerial dimana individu & kelompok mendapatkan kebutuhan & keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan & bertukar sesuatu yg bernilai satu sama lain
Pemasaran sosial : penerapan konsep & teknik  pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial
Empat alat pemasaran
1. Produk (product) : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi & yg dapat memuaskan keinginan & kebutuhan
2. Harga (price) : sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa
3.  Tempat/saluran pemasaran (plate) : terdiri dari seperangkat lembaga yg melakukan semua kegiatan/fungsi yg digunakan untuk menyalurkan produk & status kepemilikan dari produsen ke konsumen
4. . Promosi (promotion) : komunikasi informasi penjual & pembeli yg bertujuan untuk merubah sikap & tingkah laku pembeli yg tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli & tetap mengingat produk tersebut
Pengertian pemasaran sosial jasa kebidanan
Adalah pelayanan atau asuhan kebidanan yang ditujukan bagi klien (wanita atau ibu hamil & bayinya) yang diberikan oleh bidan yang telah selesai mengikuti pendidikan kebidanan & di akui oleh Negara
Promosi jasa
    Adalah upaya untuk mempromosikan jasa kebidanan kepada masyarakat (klien) yang membutuhkan pelayanan atau asuhan.
    Pelayanan kesehatan memiliki karakteristik yang spesifik karena berhadapan langsung dengan individu
Karakteristik promosi jasa dalam pelayanan kesehatan
1. Bersifat sukarela
     Tidak memaksa klien untuk menggunakan pelayanan yang ditawarkan
2.  Kontak secara personal
     Tenaga kesehatan harus melakukan kontak langsung dengan klien melalui pendekatan sosial
3. Berpacu dengan waktu
    Pelayanan kesehatan harus diberikan dengan segera dengan mempertimbangkan keadaan
4. Sensitif (masalah kespro)
    Kespro merupakan hal yang paling sensitif dan pribadi sehingga sering kali klien sering nggan berkunjujng ke pelayanan kesehatan & membicarakan masalah tersebut
Peran pemasaran dalam pelayanan kesehatan
1. Deferensi, agar dapat bersaing dengan profesi lain. Diversifikasi jenis layanan yang disertai dengan kemampuan akan memperluas cakupan klien
2. Manajemen kualitas pelayanan, bidan harus mampu mengevaluasi diri mengenai kelebihan & kekurangan layanan kesehatan yang ia tawarkan pada klien, sehingga ia dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan
3.  Meningkatkan produktivitas, bidan dituntut untuk memperluas wawasan keilmuan serta ketrampilan teknisnya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada klien

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Galuh Fitriani - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -